The Way Back: 2010

Sumber: Google (2017)
"Their escape was just the beginning."

Beberapa waktu lalu, dosen mata kuliah Business Management di kelas memutarkan sebuah film yang awalnya saya pikir membosankan. Ternyata, semua di luar ekspektasi dan sanggup membangunkan saya dari rasa kantuk.
Film berdurasi 133 menit yang disutradarai oleh Peter Weir ini mengangkat kisah perjalanan panjang yang sulit dengan latar waktu Perang Dunia II dan terinspirasi oleh film The Long Walk (1956).
Dibintangi oleh sejumlah aktor dengan kemampuan akting luar biasa, The Way Back mampu membuat para penonton merasakan perjuangan mereka menempuh perjalanan sejauh 4.000 mil di medan yang cukup berat.
Komunikasi lintas budaya cukup menonjol dalam film ini. Sebagai seorang pemimpin kelompok, Jim Sturgess yang berperan sebagai Janusz Wieszczek dihadapkan dengan permasalahan yang cukup dominan, perbedaan pendapat dan budaya. Kepribadian dari anggota kelompoknya membuat Janusz harus tetap dalam posisi netral dan berpikir dingin untuk mencari jalan keluar. Janusz melakukan komunikasi dengan pendekatan bahasa sesuai dengan kemampuan anggotanya untuk mengumpulkan pendapat dan mulai berdiskusi dengan anggota yang lain. Cara Janusz meyakinkan anggotanya dan mendengarkan setiap kemungkinan yang dilontarkan membuat film ini layak menjadi contoh untuk calon pemimpin di luar sana. 
Film ini membuat saya terkesan dengan cara Janusz memposisikan dirinya sebagai seorang pemimpin karena bukan hal mudah untuk dilakukan di tengah temperatur dingin dan kelaparan. Semangat juang dan pantang menyerah dalam melewati segala rintangan bisa menjadi inspirasi bagi semua orang bahwa masih ada harapan selagi kita berusaha. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua sisi.

Gestur vs Kata