Bercuap di depan banyak orang?

Pengalaman masa sekolah dasar sangat membekas di benak saya. Ditunjuk sebagai perwakilan sekolah dalam kompetisi pidato atau yang mengharuskan saya tampil seorang diri disaksikan oleh banyak orang membuat saya tumbuh menjadi individu yang percaya diri untuk melakukan komunikasi publik

Komunikasi publik merupakan komunikasi yang dilakukan di hadapan banyak orang untuk menyampaikan pesan berupa suatu informasi, ajakan, atau gagasan. Untuk melakukan komunikasi publik dibutuhkan keberanian dan keterampilan lisan agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar. 

Bukan hanya tentang pidato atau presentasi, penyampaian pesan melalui media massa dapat dikategorikan komunikasi publik. Hal itu disebut komunikasi massa. Lingkup komunikasi publik memang lebih luas, tapi komunikasi massa mempunyai lingkup yang lebih spesifik.

Komunikasi massa dan komunikasi publik memiliki banyak kesamaan. Hanya media untuk menyampaikannya berbeda. Komunikasi massa hanya menggunakan media massa seperti televisi, radio, majalah, dan surat kabar sedangkan komunikasi publik dapat dilakukan dengan perantara media sosial yang bisa diakses banyak orang atau media lain seperti seminar, rapat, dan sebagainya. 

Contoh, yang sedang saya lakukan saat ini yaitu blogging dikategorikan sebagai komunikasi publik karena semua orang dari belahan dunia manapun bisa menjangkau tulisan ini. 

sumber: weheartit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gestur vs Kata

Kangen