'Tembok' Komunikasi

Definisi komunikasi menurut Weaver adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang yang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. (1949)
Weaver bersama Shannon mencetuskan teori komunikasi dengan ilustrasi sebagai berikut:

sumber: google
Untuk terjadinya sebuah komunikasi, ada beberapa unsur seperti pengirim pesan dan penerima pesan atau biasa disebut komunikan dan komunikator, pesan yang disampaikan, perantara, dan gangguan.
Hal menarik dari model komunikasi milik Shannon dan Weaver ini terdapat gangguan atau noise yang dapat membuat pesan tidak diterima dengan baik oleh komunikator. Gangguan bisa berasal dari lingkungan ataupun manusia. Akibatnya, sering terjadi kesalahpahaman atau dalam komunikasi disebut miscommunication.

Miskomunikasi dapat kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari. Belum lama ini, saya berselisih paham dengan kakak karena dia tidak memberi tahu saya bahwa kunci kos sudah dia letakkan di dalam tas dan dititipkan ke satpam. Karena kondisi baterai telepon seluler saya sudah sangat lemah dan gerimis mulai deras, saya tidak berpikir untuk bertanya kepada satpam apakah ada kunci yang dititipkan. Saya sudah mulai gelisah dan emosi dan akhirnya hanya bisa marah-marah tanpa berusaha mencari terlebih dahulu. 

Dari pengalaman saya tersebut, miskomunikasi dapat memperburuk hubungan sosial apabila kita tidak dapat mencari tahu penyebab utama dan menghindarinya. Ada baiknya untuk memahami situasi dan kondisi antara komunikan dan komunikator serta lingkungan tempat terjadinya komunikasi untuk meminimalisir terjadinya miskomunikasi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gestur vs Kata

Kangen