Suara dalam hati.

Pernahkah kamu ketika sedang melihat wanita seumuran yang cantik, tiba-tiba bergumam:

"Dia cantik banget, apalah aku dibanding dia.. Dia kayak bunga, aku mah butiran debu."

Nah, sadar nggak kalau kamu sudah melakukan komunikasi intrapersonal?
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi satu arah yang komunikan dan komunikatornya diri kita sendiri. Orang-orang sering menyebutnya dengan suara yang muncul dari dalam hati. 
Menurut Cunningham pada tahun 1989, komunikasi intrapersonal merupakan proses pertukaran dan transformasi pesan yang cukup unik karena dilakukan dari, untuk, dan oleh diri sendiri.


Tapi menurut saya, terlalu banyak melakukan komunikasi intrapersonal juga tidak baik untuk diri kita. Anggapan yang muncul dari dalam pikiran dapat membuat kepercayaan diri seseorang menurun karena adanya pengaruh lingkungan. Menjadi seseorang yang suka ketenangan dan mampu memutuskan sesuatunya sendiri itu sebenarnya baik, namun apabila tidak diselaraskan dengan komunikasi dua arah atau komunikasi interpersonal akan menjadi sesuatu yang buruk. 
Karena manusia adalah makhluk sosial yang hidup dengan bantuan orang lain, bukan berarti kita hanya terus berprasangka terhadap diri sendiri dan menganggap saran dari individu lain tidak dapat dipertimbangkan. Bijaksanalah dengan apa yang kamu lakukan, seperti menggunakan komunikasi intrapersonal untuk memotivasi diri sendiri.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua sisi.

Gestur vs Kata