Tips untuk meningkatkan percaya diri


Menjadi orang yang mampu tampil percaya diri di depan khalayak umum bukanlah hal yang mudah. Bagi sebagian orang, percaya diri dianggap sebagai sesuatu yang berlebihan dan memberikan standarisasi tinggi terhadap diri sendiri. 
Bisa dibilang, saya termasuk orang yang percaya diri untuk menunjukkan kemampuan saya ke hadapan semua orang, tapi disisi lain saya juga tidak percaya diri dengan apa yang saya lakukan. Apakah tindakan yang saya perbuat akan berpengaruh baik atau justru buruk di mata orang lain. 
Nah, kali ini saya mau kasih tips untuk meningkatkan rasa percaya diri.

1. Coba hal baru
Nggak ada salahnya menantang diri sendiri untuk mencoba hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya untuk tahu sampai mana batas kemampuan yang kamu punya. 
Kalau kamu sering berdiam diri dan menunggu ada orang yang mau mengajakmu bicara duluan, sekarang jadilah orang itu! Beranikan dirimu untuk keluar dari zona nyaman. 

2. Apresiasi diri
Setelah melakukan sesuatu yang buat hatimu nggak tenang, berikan penghargaan buat dirimu sendiri. Ingat kegiatan yang baru aja kamu lakuin sebagai memori yang menyenangkan dan yakinkan bahwa kamu bisa lebih dari itu. Apresiasi diri bisa berbagai cara, misal creambath ke salon, shopping, atau sekedar nonton film sendiri ditemani dengan popcorn dan soft drink

3. Latihan 
Dua hari lagi kamu ditunjuk sebagai seorang pembicara di kelas dan kamu nggak siap dengan berbagai tanggapan pendengar. Jangan takut! Banyak-banyaklah latihan di depan kaca, anggap kamu sudah berada di situasi yang sebenarnya, dan jangan ragu untuk menyampaikan apa yang kamu pikirkan. Sering-seringlah untuk meminta pendapat dari orang terdekat terkait penampilanmu sebelum hari H. 

4. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain
Jadilah dirimu sendiri. Kamu adalah kamu. Bukan orang lain. 

5. Lakukan hal yang sesuai dengan passion
Dengan melakukan kegiatan yang sesuai dengan kegemaranmu, kamu akan cenderung untuk berpikir positif. Kamu nggak akan terbebani dengan hal yang harus dikhawatirkan. 

6. Cintai dirimu sendiri
Yang paling penting dari semuanya, love yourself! Gimana bisa percaya diri kalau kamu nggak cinta sama dirimu sendiri? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua sisi.

Gestur vs Kata