Mereka yang berjasa.

Komunikasi erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Setiap detik, menit, dan jam, manusia akan terus berkomunikasi dengan caranya sendiri dengan manusia yang lain. 
Pernah membayangkan bagaimana hidup manusia apabila komunikasi tidak ditemukan sampai saat ini? Dunia akan sunyi senyap, tanpa ada interaksi yang terjadi antar manusia. 
Nah, ngomong-ngomong, ada yang tahu siapa yang berjasa dalam ilmu komunikasi?
Berikut ini pencetus ilmu komunikasi atau biasa disebut 'bapak' ilmu komunikasi yang menyumbangkan pemikirannya di bidang komunikasi.


Sumber: google
HAROLD LASWELL
Tokoh komunikasi ini lahir dengan nama Harold Dwight Lasswell pada tanggal 13 Februari 1902 dan wafat diumurnya yang ke 76 tahun pada tahun 1978. Beliau adalah seorang ilmuwan politik yang terkenal di Amerika dan mendapat julukan 'bapak' ilmu komunikasi karena teorinya dalam ilmu komunikasi yang sangat populer hingga saat ini. 
Ia mendapat gelar PhD di University of Chicago dan menjadi seorang profesor di Chicago School of Sociology dan sederet prestasi serta karirnya yang gemilang.
Model komunikasi Lasswell adalah model komunikasi sederhana dalam ilmu komunikasi yang tidak jauh berbeda dengan teori yang dicetuskan Aristoteles. Lasswell menggunakan Who -> Says What -> Channel -> To Whom -> With What Effect dalam model komunikasinya.

DAVID KENNETH BERLO

Sumber: google
Lahir pada tahun 1929 dan merupakan mahasiswa program doktor komunikasi. Pada tahun 1960, David K. Berlo mengenalkan model SMCR sebagai model komunikasi yang menentang model komunikasi linier. Model SMCR memiliki komponen source, message, channel, dan receiver dengan cara penyampaian pesan yang terfokus dengan isi pesan itu sendiri. Beliau juga menghasilkan karya berupa buku dengan judul The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice dan Communication and Behavior.

WILBUR LANG SCHRAMM
Sumber: google

Pakar komunikasi yang lahir pada tanggal 5 Agustus 1907 ini memiliki pengaruh besar dalam ilmu komunikasi. Hasil pemikirannya diabadikan dalam sebuah teori komunikasi yang masih dikenal bahkan digunakan sebagai bahan pembelajaran hingga saat ini bagi mahasiswa komunikasi. Pada tahun 1954, Schramm memulai model komunikasi manusia yang sederhana dan melalui beberapa perombakan hingga ketiga kali.
Menurut Wilbur Schramm, komunikasi membutuhkan tiga komponen, yaitu:

Sumber (source)
Pesan (message)
Sasaran (destination)

Model komunikasi yang ia kemukakan ini memiliki "field of experience" yang tidak dimiliki oleh model komunikasi lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua sisi.

Repost from sabrinaherdi.blogspot.com